Perulangan menggunakan while

This entry is part 10 of 12 in the series Pengantar Pemrograman Python 1

Dalam berbagai kasus terkadang kita membutuhkan perulangan(iterasi) kode, namun kita tidak tahu secara persis kapan harus menghentikan perulangan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya karena kontrol penghenti perulangan adalah input user, atau karena perulangan ingin kita lakukan sampai kondisi tertentu tercapai. Untuk kasus perulangan seperti ini, kita dapat menggunakan while.

Syntax

Syntax untuk while dapat dilihat pada cuplikan kode di bawah ini:

while kondisi:
    // kode yang akan diulang diletakkan dalam blok terindentasi
    // kode diulang selama kondisi bernilai True
    // kode berhenti dijalankan setelah kondisi berubah menjadi False

Perhatikan bahwa sesuai dengan cuplikan kode di atas, kode yang akan diulang harus diletakkan dengan indentasi yang konsisten di bawah statement while.

Berikut Alza sertakan kode perulangan menggunakan while pada dua jenis kasus seperti disinggung pada awal artikel.

Perulangan yang berhenti sesuai kemauan/input dari user

Pada kode di bawah ini, program menulis sebuah teks ke layar secara berulang-ulang hingga user memerintahkan program untuk berhenti.

Perulangan hingga tujuan perulangan tercapai

Pada jenis yang kedua, perulangan berhenti ketika tujuan perulangan sudah tercapai. Misalnya, perulangan bertujuan mencari nilai tertentu. Contoh untuk kasus ini misalnya sebuah program untuk menghitung nilai KPK (Kelipatan Persekutan Terkecil) dari dua buah bilangan yang diinput oleh user. Algoritma yang digunakan adalah perulangan pemeriksaan kelipatan dari salah satu bilangan (bilangan pertama), kelipatan pertama yang bisa dibagi habis oleh bilangan kedua, merupakan KPK kedua bilangan.

Coba jalankan program berikut untuk lebih jelasnya.

Berbeda dengan jenis sebelumnya yang relatif tidak memiliki resiko, pada jenis kedua harus dipastikan bahwa tujuan perulangan mutlak akan tercapai. Jika tujuan perulangan tidak tercapai, maka pada kondisi tersebut perulangan akan dilakukan terus menerus (infinite loop) sampai melewati sumber daya yang dimiliki komputer. Contoh untuk kasus tersebut dapat dilihat pada kode berikut (perhatian: jika program berikut dijalankan ada kemungkinan komputer/browser anda ter-freeze)

print('Contoh perulangan dengan while yang salah / mengakibatkan program error')
i = 1
j = 11
while i < j:
  print ('perulangan ke-{} '.format(i))
  i = i + 1
  j = j + 1

Sementara ini dulu, jika nanti ada yang perlu ditambah, Alza akan lengkapi di kesempatan berikutnya.

Salam

Series Navigation<< Perulangan menggunakan forMembuat fungsi >>

You may also like...

Berikan komentar