Perulangan menggunakan for

Kali ini kita akan membahas kode untuk melakukan perulangan (loop) menggunakan syntax for. Perulangan adalah salah satu bentuk control flow, dimana blok kode tertentu dapat dieksekusi berulang-ulang sesuai dengan kondisi yang telah kita tetapkan. Dalam bahasa pemrograman python, perulangan dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan syntax for dan menggunakan syntax while.

Perulangan dengan syntax for kita gunakan untuk perulangan dengan jumlah perulangan yang sudah pasti. Artinya, kita tahu secara spesifik kapan perulangan harus dihentikan, sebelum memerintahkan perulangan dilakukan. Adapun perulangan dengan syntax while, digunakan saat jumlah perulangan bersifat dinamis, bergantung pada perubahan kondisi tertentu selama dilakukannya perulangan.

Perintah for .. range

Perintah ini digunakan untuk melakukan perulangan secara terurut mulai dari suatu nilai awal, hingga ke suatu nilai akhir, dengan jarak nilai tertentu untuk setiap perulangannya.

Syntax untuk perintah ini adalah

for x in range(a,b,c):
  # kode yang ingin dijalankan

Penjelasan dari syntax di atas:

  1. Variabel a adalah titik awal/mulai perulangan (termasuk dalam perulangan)
  2. Variabel b adalah titik batas akhir perulangan (tidak termasuk dalam perulangan)
  3. Variabel c adalah jumlah pertambahan nilai x (lompatan nilai) setiap satu perulangan

Jalankan kode di bawah untuk gambaran awal, cobalah mengganti nilai a,b,c untuk lebih memahami peran tiap variabel.

Perintah range memiliki beberapa varian yang lebih sederhana yakni:

  1. Jika parameter yang disuplai hanya satu, misal n, maka perulangan dimulai dari angka 0, hingga n-1, dengan lompatan nilai 1 tiap perulangan.
  2. Jika parameter yang disuplai ada dua, misal a dan b, maka perulangan dimulai dari a, hingga b-1, dengan lompatan nilai 1.

Jalankan kode berikut ini untuk lebih jelasnya.

Latihan soal

Kerjakan latihan soal pada halaman berikut untuk memeriksa apakah anda sudah dapat memanfaatkan perintah loop untuk membantu mencari jawaban sebuah persoalan.

Series Navigation<< Conditional: if, elif (else if), elsePerulangan menggunakan while >>

You may also like...

Berikan komentar