SKB#0 Pengantar

Ini adalah pengantar artikel berseri yang mendemonstrasikan bagaimana membuat program berdasarkan kasus tertentu. Artikel dibuat berseri untuk mendemonstrasikan cara membuat program mulai dari bentuk yang paling sederhana hingga ke bentuk yang lebih kompleks.

Seri ini menggunakan Kasus B yang menyajikan topik permainan matematika sederhana. Permainan matematika dimaksud adalah permainan berupa tanya jawab soal matematika yang dapat dijalankan pada console. Jika program dijalankan ia akan membangkitkan soal-soal matematika yang bisa dijawab sampai user memutuskan untuk berhenti bermain. Di akhir permainan akan disajikan jumlah soal yang dijawab oleh user, baik yang benar maupun yang salah.

Program akan berkembang dari bentuk yang paling sederhana, dimana user hanya diminta untuk menjawab satu jenis soal (hanya satu pembangkit), kemudian berkembang semakin kompleks dengan menggunakan beberapa jenis soal yang berbeda dalam satu sesi permainan, baik dengan menggunakan pemrograman prosedural hingga menggunakan teknik-teknik pada paradigma object oriented programming (OOP).

Materi yang perlu dikuasai sebelumnya

Materi ini diberikan dengan asumsi pembaca setidaknya sudah memahami dasar pemrograman hingga setidaknya hingga materi perulangan, serta sudah mulai mengenal materi tentang array/list dan method/function.

Bahasa Pemrograman

Kode program akan disajikan dalam bahasa pemrograman Python dan Java.

Daftar artikel
No.Materi
1. Pengantar, penjelasan tentang contoh kasus (artikel ini)
2.Menggunakan hanya satu pembangkit soal
3Menggunakan lebih dari satu pembangkit soal
To be continued

Series NavigationSKB#1 Permainan matematika sederhana dengan satu pembangkit soal >>

You may also like...

Berikan komentar