OOP Praktis – Class & Object (python)

Python adalah bahasa pemrograman yang mendukung lebih dari satu paradigma/aliran/gaya pemrograman. Salah satu paradigma yang didukung oleh python adalah Object Oriented Programming.

Object Oriented Programming (OOP) atau Pemrograman Berorientasi Objek adalah suatu paradigma pemrograman dimana program dapat distrukturkan dalam kumpulan object.

Sebuah object memiliki dua karakteristik utama yakni attribute dan behavior.

Untuk ilustrasi, perhatikan beberapa contoh berikut:

  1. Menu pada rumah makan. Sebuah menu dapat memiliki attributes misalnya: nama, deskripsi dan harga. Sedangkan behaviors dari sebuah menu misalnya: dipesan.
  2. Buku pada sebuah perpustakaan. Sebuah buku dapat memiliki attributes misalnya: judul, pengarang, kode isbn, tahun terbit, versi, nomor salinan, dst. Sedangkan behaviors dari sebuah buku misalnya: dipinjam.
  3. Pelajar pada sebuah sekolah. Pelajar dapat memiliki attributes misalnya: nomor induk, nama, kelas, jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir, dst. Pelajar dapat memiliki behaviors misalnya: lulus, naik kelas, membayar spp
  4. Garis pada sebuah koordinat cartesian. Garis dapat memiliki attributes yakni: koordinat titik awal dan koordinat titik akhir. Garis dapat memiliki behaviors misalnya: dipotong, diputar, diperbesar, dipanjangkan, dst

Class & objects

Object dapat dibuat dari sebuah template/kerangka yang dikenal dengan istilah class. Object dihasilkan dari proses instansiasi sebuah class, object adalah instance dari class. Artinya, sebelum bisa membuat object, kita harus menyiapkan classnya terlebih dahulu.

Berikut adalah cara membuat class sederhana dalam bahasa pemrograman python

class Titik:
  def __init__(self,x,y):
    self.x = x
    self.y = y

Contoh di atas adalah class Titik yang memiliki dua attribute yakni x dan y, yg merupakan koordinat titik tersebut. Kedua atribut tersebut kita inisialisasi pada initializer method (__init__) seperti diperlihatkan pada baris ke-3 dan ke-4.

Dari class tersebut kita kemudian dapat membuat object Titik dengan cara seperti pada cuplikan kode berikut.

titik_a = Titik(0,0)
titik_b = Titik(3,4)

Pada contoh titik_a dan titik_b adalah object dari class Titik. Object titik_a memiliki koordinat 0,0 sedangkan titik_b 3,4.

Jalankan kode berikut untuk lebih jelasnya

Latihan membuat class

Cobalah membuat class untuk beberapa contoh berikut lengkap dengan atributnya. Gunakan class tersebut untuk membuat object. Jika sudah, bandingkan dengan contoh alternatif penyelesaian yang ada.

  1. Mahasiswa, cth penyelesaian
  2. Buku, cth penyelesaian
  3. Menu Minuman, cth penyelesaian
  4. Smartphone, cth penyelesaian
  5. Titik dan garis, cth penyelesaian

Series NavigationOOP Praktis – Instance Method (python) >>

You may also like...

Berikan komentar