Memberi nama variabel

This entry is part 5 of 12 in the series Pengantar Pemrograman Python 1

Salah satu isu penting dalam pemrograman, apapun bahasanya, adalah teknik memberikan nama pada sebuah variabel. Isu ini menjadi penting karena penamaan variabel yang serampangan, membuat program tidak mudah untuk dimengerti. Jangankan oleh orang lain, oleh penulisnya sendiri bisa jadi terlihat membingungkan.

Aturan penulisan

Dalam bahasa pemrograman python, yang menjadi acuan resmi dalam menulis program termasuk penamaan variabel adalah PEP 8 (Style Guide for Python Code). Berikut adalah cuplikan tentang bagian dimaksud.

Function and Variable Names
Function names should be lowercase, with words separated by underscores as necessary to improve readability.
Variable names follow the same convention as function names.

PEP 8

Nama variabel ditulis dengan aturan yang sama dengan nama fungsi (saat ini kita belum membahas fungsi), yakni menggunakan huruf kecil. Jika nama variabel terdiri atas dua atau lebih kata, gunakan garis bawah sebagai pemisah untuk keterbacaan yang lebih baik (snake_case).

Beberapa contoh yang sesuai dengan aturan ini misalnya

usia = 19
jenis_kelamin = 'Pria'
nama_mahasiswa = 'Zoro bin Roronoa'
sudah_kawin = False

Memberi nama yang baik

Pada dasarnya nama variabel yang baik adalah nama yang dapat langsung memberikan gambaran mengenai isi yang dikandungnya dan atau untuk apa ia digunakan. Terkait dengan apakah harus menggunakan satu karakter, satu kata, atau lebih dari satu kata harus dilihat dengan utuh sesuai konteksnya. Variabel pencacah (counter), mungkin cukup dilambangkan dengan satu karakter, namun variabel yang mengandung nilai penting tentu layak untuk mendapatkan nama sesuai dengan maknanya.

Perhatikan contoh di bawah ini

xyz = 'AB' # kurang baik
gol_darah = 'AB' # baik

j = '160' # kurang baik
tinggi_badan = '160' # baik

matriks[i,j] = 0 # ambigu
matriks[baris,kolom] = 0 # lebih eksplisit

Pada baris pertama, variabel bernama xyz tidak memberikan gambaran terhadap makna yang dikandungnya. Menggantinya menjadi gol_darah, langsung mengindikasikan ke siapapun yang membaca kodenya bahwa variabel tersebut digunakan untuk menyimpan golongan darah. Hal serupa dapat dilihat juga pada dua contoh setelahnya.

Sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat.

Salam

Series Navigation<< Variabel dan tipe dataMenerima input dari user >>

You may also like...

Berikan komentar